HILITE: di Usia yang ke-5 Tahun, Masihkah Ada di Jalan yang Sama?

Baru beberapa hari yang lalu, tepatnya 25 September 2013, HILITE -band yang saya bentuk sejak 2008- berulang tahun yang ke-5. Secara sederhana kami merayakannya dengan membuat sebuah video acoustic live performance di Benteng Fort Rotterdam Makassar seminggu sebelum hari jadinya. Dibantu videografer muda asal Makassar, Andi Bayu Indra dan Muh. Sofyan, HILITE pun memainkan tiga lagu, dua lagu baru, Have A Heart dan Pulang ke Makassar yang berkolaborasi dengan Louie Buana, dari La Galigo Music Project serta lagu Sore Yang Indah ( Di Pantai Senja) yang dirilis tahun 2010 lalu.

Ulang tahun ke-5 untuk sebuah band ini membuat saya sendiri sulit mempercayai bakal sampai seumur ini. Karena jujur saja, menyatukan isi kepala tiap orang yang berbeda-beda selera itu pekerjaan paling sulit dibandingkan merayu seorang wanita cantik.

Ditambah lagi kesibukan tiap personil yang kadang membuat saya harus banyak – banyak bersabar untuk mengumpulkan tiap individu hanya sekedar nongkrong dan berlatih. Sabar dan tidak mengintervensi dengan kata-kata kotor mungkin itulah kuncinya menghadapi sahabat-sahabat bermusik saya ini.

Sempat terlintas kata jenuh di pikiran saya beberapa bulan yang lalu setelah gig terakhir sebelum memasuki bulan Ramadhan melihat kondisi band ini mandek membuat lagu baru. Mau tidak mau, saya cukup peka juga merasakan suasana perubahan jalan dan arah band ini. Opsi membubarkan band ini sempat juga kepikiran. Sampai suatu ketika lagu Pure Saturday yang berjudul Buka mengalun di playlist lagu laptop saya. Dengan liriknya seperti ini:

Hai kawan masihkah kita ada di jalan yang sama
Setelah sekian lama
Seperti dulu kita bersama
Menempuh banyak cara dan rintangan

Kita tak sendiri…

Langsung saja saya termenung agak lama memikirkan nasib band ini bila dibubarkan secara sepihak.

Band ini sudah seperti keluarga bagi saya.  Kalimat “keluarga” itu terus terngiang-giang di pikiran saya. Namun apakah masih ada di jalan yang sama?

Tidak ingin berlarut-larut dalam memikirkan mau dibawa kemana arah band ini, akhirnya saya pun mau tidak mau harus membuat lagi lagu-lagu baru dengan revisi berulang-ulang kali sampai dapat suasana yang pas untuk range vokalnya Ucha. Muncul lah 5 lagu baru yang saya buat sendiri dan 3 lagu lainnya saya buat bersama sahabat saya yang super kreatif, Louie Buana. Lagu-lagu ini pastinya akan muncul di full lenght debut album HILITE yang akan dirilis tahun depan. Doakan saja semuanya agar bisa lancar🙂

HILITE sekarang menyisakan tiga orang, yakni saya, Ucha dan Mario sepeninggal Kiki dan Kikim. Kikim yang resign dari band ini dari tahun lalu dengan alasan ingin berkonsentrasi dalam menyelesaikan kuliah dan Kiki yang dikeluarkan secara baik-baik mengingat dia sudah sibuk sekali dengan pekerjaan dan sulit untuk fokus di band. Dengan bantuan Aslam dan Dennis sebagai partner in crime terbaru ( bukan additional merunut dari istilah yang sering digunakan), HILITE sepertinya bakal memperpanjang  perjalanan umurnya dengan karya-karya terbarunya.

Semoga tetap berada di jalan yang sama, kawan🙂

NB: KBJamming Vol. 8 di Kedai Buku Jenny secara sederhana akan menghadirkan HILITE untuk tampil membawakan lagu-lagu terbarunya dalam penampilan spesial 5 tahun pada hari Minggu, 29 September 2013 nanti. Klik gambar untuk info detailnya. Ditunggu kedatangannya kawan🙂

1380697_611023388940892_1668180532_n

One response to “HILITE: di Usia yang ke-5 Tahun, Masihkah Ada di Jalan yang Sama?”

  1. planetyar says :

    Wuih. Semangat, Om. Selamat ulang tahun buat Hilite. Kalau dulu kalian memulai band ini karena kalian senang, seharusnya dalam melanjutkannya kalian harus tetap jangan lupa bersenang-senang😀

Tinggalkan Balasan

